24 – Selamanya (2)

Comments 35 Standar

Butuh waktu dua setengah bulan bagi Julie untuk melakukan recovery, sampai akhirnya ia benar-benar diizinkan bersekolah oleh kedua orangtuanya. Lily Light, sebenarnya tidak bermasalah jika anak perempuannya itu langsung bersekolah setelah keluar dari rumah sakit, tapi Mr.Light menolak.

Tidak banyak momen yang membuat Ethan yang biasanya permisif dan baik hati ini akhirnya berubah menjadi laki-laki luar biasa keras kepala. Tapi Julie memang anak perempuan satu-satunya, anak kesayangannya. Ethan bahkan hampir saja menyuruh Julie cuti sekolah selama setahun, kalau saja Julie tidak ngambek dan mogok makan selama setengah hari—belajar trik ngambek Cathy. Dua setengah bulan adalah waktu yang paling cepat yang bisa Julie negosiasikan, dengan argumen bahwa ia ingin mengikuti ujian kenaikan kelas. Seluruh ketinggalan pelajarannya bisa ia susul berkat bantuan Lucy Si Pintar, yang selalu mengajari hampir setiap pulang sekolah, bergantian dengan anggota The Lady Witches lain ketika Lucy sedang berhalangan.

Lucy mendapatkan predikat honorable mention atas esai internasionalnya, dia pergi ke Jenewa selama beberapa hari untuk menerima penghargaan. Tidak ada yang lebih bahagia atas momen itu selain Jessie yang sumringah dengan air liur menetes, karena setelah pulang dari Jenewa, Lucy mentraktir mereka semua dengan steak termahal di kedai Steak~Steak.

Well, tidak semuanya. Minus Julie. Gadis itu tidak mendapat jatah steak—bahkan juga tidak kebagian take away—karena yang The Lady Witches lakukan justru memamerkan foto makan besar mereka pada Julie yang masih terbaring di rumah sakit, sambil memanas-manasi betapa lezatnya rasa steak termahal dengan saus barbeque siram spagheti jamur yang al dente. Cathy Sang Aktris bahkan memperagakan setiap detil kunyahan di mulutnya dengan sedramatis mungkin. Mereka berusaha agar Julie menderita dan tidak betah berlama-lama terbaring di rumah sakit, supaya gadis itu cepat sembuh berkat provokasi-provokasi mereka tentang betapa nikmatnya kehidupan di luar sana.

Yang gadis-gadis itu tidak tahu adalah—Richard diam-diam membelikan steak itu untuk Julie dan memberikannya pada Mrs.Light. Plus sebungkus cheese stick kesukaan Julie dan selembar kertas bercoret tulisan tangan cakar kucing dengan isi tulisan:

Julie.. Jangan bilang siapa-siapa.

Richard.

Kadang Richard memberikan coklat—yang langsung disita oleh Lily Light dalam sekejap—kadang Richard hanya diam saja dan memandangi Julie, tidak melakukan apa pun. Kedua sejoli yang telah saling menyatakan cinta ini, sama kikuknya seperti dua ekor ayam yang baru berkenalan.

Kehidupan di Nimberland langsung berubah setelah kabar jadiannya Julie-Richard terdengar di seluruh penjuru sekolah. Kabar itu menyebar dengan kecepatan cahaya, bahkan lebih cepat daripada penyebaran bakteri Yersinia pestis yang menyebabkan wabah hitam di Eropa pada abad 14. Bedanya, jika wabah hitam menyebabkan kematian dua pertiga penduduk Eropa pada masa itu, maka berita jadiannya Julie-Richard ini justru menyebabkan kematian dua pertiga penduduk Nimberland High School. Mati karena patah hati.

“Kau harus dengar ini,” kata seseorang, “Richard dan Julie adalah pasangan yang paling sempurna yang pernah ada. Mereka harus tetap bersama SELAMANYA.”

“Aku tak rela.”

“Tak ada yang bisa kita lakukan. Julie itu penyihir,” tambah yang lain. “Richard itu Harry Potter.”

Topik penyihir sedang hangat-hangatnya dibicarakan, mengingat Julie juga berasal dari geng penyihir ‘The Lady Witches’ dan Cathy pun sama, dan kedua gadis ini akhinya jatuh cinta pada orang yang sama. Tidak ada logika yang bisa menghubungkan kenapa Richard ujung-ujungnya malah disamakan dengan Harry Potter, tapi begitulah orang-orang Nimberland. Mereka semua bisa move on dengan cara yang mengesankan.

Well, tidak semua.

Setidaknya sebagian besar.

Anak laki-laki penggemar Julie, mereka move on secepat kilat. Begitu tahu bahwa The Unbeatable akhirnya benar-benar berhasil ditaklukkan hatinya oleh Sang Pangeran Yang Bercahaya, tidak perlu ada pertanyaan lagi. Semua mengangkat topi, menaruh hormat pada Richard. Seluruh sisa kepercayaan diri mereka berguguran. Richard adalah sosok ideal jenius dan tampan yang tak mungkin bisa dikalahkan.

Mereka akhirnya hanya bisa berharap semoga pasangan Richard-Julie awet selama-lamanya. Doa ini mereka panjatkan secara sungguh-sungguh, semata-mata agar Richard tidak merebut gadis-gadis lain lagi di Nimberland yang sudah menjadi prospek mereka sejak berbulan-bulan. Kalau Richard sudah turun tangan, tak ada yang bisa mereka lakukan selain pasrah terhadap nasib. Mereka sadar, hanya masalah waktu saja sampai akhirnya semua gadis impian di sekolah direbut oleh rival terberat yang pernah ada sepanjang hidup mereka ini. Lebih baik menerima kenyataan bahwa Richard sekarang sudah diamankan, di tangan Julie.

Penerimaan yang tersendat-sendat justru datang dari kubu fans Richard. Banyak gadis yang sungguh-sungguh patah hati dan menjadi gila—epidemi ini sudah dimulai sejak mereka mendengar Richard menyatakan cinta pada Julie waktu itu. Apalagi sejak mendengar Julie-Richard resmi jadian di rumah sakit. Mereka benar-benar memasukkan kejadian itu dalam hati.

Mayoritas dari mereka yang tidak terima, membentuk gerakan BJR : Bubarkan Julie-Richard, sebuah komunitas gelap dengan misi mengumpulkan semua orang yang tidak suka dengan jadiannya Julie-Richard. Aktivitas mereka adalah menjelek-jelekkan Julie, dengan segala macam cara yang mungkin dijalankan. Topik soal Julie yang jelek standar dan bodoh selalu jadi bahan favorit mereka.

Tahukah siapa orang yang paling pertama menentang keberadaan komunitas ini?

CATHY.

Komunitas ini langsung bubar dalam sekejap saat Cathy datang melabrak dan mengobrak-abrik ruangan mereka.

Sejak kecelakaan Julie, Cathy yang dramatis itu, berubah jadi jauh semakin protektif dan agresif terhadap siapa pun yang menyerang sahabat-sahabatnya. Dia langsung membantai siapa saja yang menjelek-jelekkan Julie, tanpa ampun, termasuk orang-orang yang mulai mengait-ngaitkan jadiannya Julie-Richard dengan putusnya Cathy-Richard di hubungannya yang terdahulu. Gigi taringnya akan menancap erat di leher orang-orang yang menentang apa pun yang dikatakannya. Teriakannya menggelegar bagaikan auman singa marah yang mengamuk di tengah-tengah halilintar.

Si Ratu Drama yang manja ini langsung berubah wujud menjadi monster Yeti dengan kilatan mata ganas yang langsung menerkam tanpa ampun siapa pun yang mengganggu hubungan Julie dan Richard. Dengan akting dramatis berkualitas nomor satu, Cathy dengan sangat cemerlang memerankan seperti apa kelihatannya anak hasil perkawinan silang antara Voldemort dengan Helena Markos.

Akhirnya Cathy menggunakan suara menggelegar khas iblisnya itu pada kesempatan yang tepat. Teriakan marahnya yang melengking amat mengerikan itu—adalah mimpi buruk semua orang.

“COBA LAGI!” kata Cathy suatu ketika, membentak seorang teman sekelasnya yang mengatai Julie jelek. “COBA LAGI KAU UCAPKAN ITU DI DEPAN KUPINGKU!”

Si anak yang dimarahi, tidak masuk sekolah keesokan harinya. Wajah jutek ditekuk Cathy—yang dulu biasanya hanya dinikmati gadis-gadis The Lady Witches saat Cathy ngambek—sekarang jadi konsumsi umum bagi orang-orang di Nimberland yang berkata-kata jahat—bahkan lebih parah, Cathy mulai bisa memberikan tatapan sinis yang menyakitkan. Tidak ada seorang pun lagi yang berani mengatakan hal buruk apa pun tentang Julie di depan Cathy sejak saat itu.

Perubahan sifat Cathy yang luar biasa ini, menjadi awal yang baru dari hubungan persahabatan di kelompok mereka. Cathy masih menjadi gadis yang manja, histeris, dan menyebalkan seperti biasanya, tapi rasa sayangnya pada teman-temannya meningkat beratus-ratus kali lipat daripada sebelumnya. Ia tidak mengambek sesering dulu, lebih terlihat dewasa, dan sifat overprotektifnya itu sudah ditempatkan pada posisi yang tepat. Sekarang, geng The Lady Witches seperti punya tukang pukul pribadi. Julie bahkan menjodoh-jodohkan Cathy dengan Mr.Bouncer, yang ditolak mentah-mentah oleh Cathy pada kesempatan apa pun.

Berita buruknya, Kayla putus dari Steve.

Tepat seperti perkiraan Cathy, Steve ternyata memang tidak pernah menginginkan hubungan yang serius. Setelah digantung selama berbulan-bulan, Kayla akhirnya menemui Steve dan minta kejelasan—berdasarkan saran dari Cathy. Orangtuanya menyuruhnya untuk lebih tekun belajar untuk persiapan SAT, dan setelah ujian kelulusan berakhir, Steve mengatakan pada Kayla kalau ia akan kuliah di luar kota. Seluruh keluarganya juga akan pindah, tidak akan kembali lagi ke kota Eastcult.

Mereka akhirnya putus, bahkan sebelum dimulai sama sekali.

Tidak ada yang menginginkan akhir kisah cinta yang tragis seperti ini. Tapi setelah ditambah bumbu penyedap dan aksi-aksi dramatis oleh Cathy Pierre di setiap jam makan siang The Lady Witches yang ramai, Kayla tidak lagi bisa menangis. Suasana obrolannya tidak pernah melankolis, justru membuat kesal.

Dan saat Kayla menceritakan kisahnya ini pada Julie di rumah sakit, gadis bermata hijau itu berkata, “Sepuluh tahun lagi.”

“Apa?” tanya Kayla.

“Jodohmu baru lahir sepuluh tahun lagi, Kay.”

Baru kali itu Kayla melempari Julie dengan brutal, walaupun gadis itu berteriak kesakitan di atas ranjang rumah sakit, sampai-sampai Jessie harus turun tangan menghentikannya.

Pasangan Nick dan Jessie masih berpacaran. Malah mereka semakin kompak daripada sebelumnya. Sejak tidak ada Julie di kelompok mereka, Nick mulai menjadi pengganti Julie. Berdua dengan Jessie, mereka makin sering membuat Cathy ngamuk-ngamuk di jam makan siang kafetaria. Serangan bulu hidung selalu jadi andalan Nick, walaupun sekarang dia mencoba belajar trik-trik lain juga, misalnya seperti campuran tomat dan mayonaise. Jessie yang mengajarkannya. Tapi semua orang setuju, untuk tingkah-tingkah konyol yang orisinal, Nick masih harus banyak belajar pada Julie. Gadis itu terlahir dengan bakat alami menjadi orang konyol, sepanjang hidupnya.

Terinspirasi dari Lucy yang berprestasi, Cassandra mulai membuat sketsa-sketsa pertamanya dan mengirimkannya ke majalah fashion, namun hasilnya ternyata tak begitu memuaskan, karena ternyata dia sendiri sebenarnya tidak begitu jago menggambar. Cassandra sangat pintar memadumadankan pakaian, tapi kegagalannya dalam kompetisi desain fashion ini lantas membuatnya berpikir ulang apakah ia memang bisa menjadi seorang fashion designer. Gadis-gadis The Lady Witches terus mendukungnya untuk mencoba lagi, tapi tidak seperti Lucy yang gigih, ternyata Cassandra langsung menyerah. Ia pun beralih ke klub Drama, menghabiskan waktunya dengan sungguh-sungguh berlatih di Klub Drama lagi.

Cathy juga. Sejak pelatih mereka diganti dengan pelatih yang baru—karena pelatih yang lama sudah pensiun, kedua gadis itu tiba-tiba jadi sangat rajin datang ke kegiatan klub, tidak lagi menjalani klub itu setengah-setengah. Apalagi pelatih baru Klub Drama mereka lumayan tampan, seorang mahasiswa magang berusia dua puluhan, berambut hitam bermata biru dan berjambul keriting ala Superman. Kata Cassandra, tipikal cowok idamannya. Kata Cathy, mirip Elvis Presley campur Richard sedikit.

Kesibukan Cathy dan Cassandra dalam mendekati pelatih Klub Drama tampan itu pun menjadi topik pembicaraan favorit mereka sepanjang jam makan siang di kafetaria. Kesibukan ini sedikit banyak mengobati kerinduan mereka mengobrol tentang ketampanan Richard, seperti yang mereka lakukan dulu, hanya saja dalam hal ini yang mereka bicarakan sekarang bukan Richard lagi, melainkan orang lain yang mirip Richard. Mirip sedikit. Nick bilang malah pelatih Klub Drama baru itu tidak ada mirip-miripnya dengan Richard sama sekali. Julie tidak memberi komentar apa-apa tentang itu.

Sejak Julie sakit, Richard selalu datang ke rumah sakit, hampir setiap sore setelah pulang sekolah. Mereka tak banyak berbicara, hanya saling menatap satu sama lain dan tersenyum. Kebanyakan isi percakapan didominasi oleh Lily yang sering meledek mereka berdua. Atau The Lady Witches yang kebetulan berkunjung, Richard hanya tersenyum mendengarkan mereka dan Julie. Atau menanggapi sesekali. Richard justru lebih dekat dengan Ethan, ayah Julie, yang beberapa kali sempat bertemu dengannya di rumah sakit, saat Ethan kebetulan tidak sedang bertugas di luar kota. Mereka memiliki beberapa kesamaan yang cukup signifikan, misalnya sifat ramah, lembut, dan penyabar, serta cara bicara yang cenderung lebih tertata—walaupun Richard sangat irit bicara.

Lily sampai menjuluki Richard sebagai “Anakmu Yang Hilang,” setiap kali Ethan bertanya tentang kabar Richard.

Gaya berpacarannya Julie dan Richard, selalu menjadi misteri bagi teman-temannya. Richard yang pendiam, dan Julie yang luar biasa cuek,  kadang-kadang teman-teman mereka berpikir kalau kedua sejoli ini hanya berbicara dengan menggunakan bahasa telepati. Mereka jarang sekali hanya berdua saja. Richard tidak pernah nyaman memulai percakapan jika ada orang lain di dekatnya dengan Julie. Apalagi Julie. Gadis itu masih merasakan serangan jantung kalau gadis-gadis The Lady Witches mulai menggodanya dengan Richard. Bibirnya langsung membeku seperti es, kalau akhirnya mereka benar-benar sengaja ditinggal berdua saja, supaya saling mengobrol satu sama lain.

Kata Kayla, ini hanya masalah waktu saja. Setelah Julie masuk sekolah lagi, Richard dan Julie nanti juga akan mulai terbiasa dengan status berpacaran mereka, yang selama ini selalu membuat mereka berdua salah tingkah.

Mereka akan memulai babak baru dalam hidup mereka, yang tidak akan disangka-sangka seperti apa bentuknya.

 

***

Iklan

35 thoughts on “24 – Selamanya (2)

  1. Keren kaak! 👍 Aku kira part kemarin itu terakhir makanya aku jadi rada kecewa. Maaf ya kak, aku salah sangka 😦 Tapi jujur, AKU PUAS KAK LIAT CHAPTER INI! *capslock jebol :v

    Apa ya? Soalnya semua tuh dibahas tuntas disini. Aku boleh kasih usul gak kak? Gimana kalo seri Friday’s Spot selanjutnya itu tentang next generation mereka? Kayaknya seru tuh kak! Aku gak bisa bayangin gimana sikap anak Julie-Richard. Apakah seperti Julie? Atau malah Richard? Atau keduanya? Pintar-konyol? Atau seperti Julie? Si Tenang yang Tak Terduga? Kayaknya masih Except Expetations :D.

    Udah dulu ya kak. Aku takut ntar ngabisin bermeter-meter untuk kertas ini! .-. 😀 Jangan lupa update ya kak? Kutunggu loh… 😉

  2. Kereeeeennnnn.. Two thumbs up gak cukup deeh…
    fiiuuhhhh… akhirnya, ada penjelasan selama julie di rumah sakit juga.
    Gak ada part romantis ala-ala drama gitu yah di kencannya julie-richart ini??
    hehehehehe…
    Sukses terus Naya.. di tunggu novelnya terbit ya….
    Tapi.. part akhirnya doooonggg….

  3. Waktu dua setengah bulan buat Julie recovery itu diambil dari jangka waktu dari part sebelumnya ya? Wahh part terakhir nanti jangan selama ini yaa…

  4. Duh kakk giliran part yang paling di tunggu tunggu malah tinggal 1 part lagi. Ngomong ngomong setelah julie light selesai apa kak nay akan buat cerita baru lagi?

  5. Buat part terakhir, boleh request ga? Masukin bahasa prancisnya lagi dong.. Percakapan julie richard gitu atau richard bacain puisi buat julie pake bhs prancis. Kan judul novelnya jg julie light dan kelas prancis..

  6. partnya keren, tapi pengenalan ayah julie di sini agak sedikit terlambat menurutq….
    tapi overall bagus, kereeennnn…….
    dan klu boleh kasih saran, di last partnya ketika julie balik ke sekolah, richard buat kejutan di kelas bhs prancis buat julie!!!!

  7. Alhamdulillah akhirnya dilanjut jg partnya.
    Sbenernya udh nebak dr awal pasti partnya akan dlanjut lagi, kan nggak mugkin dlam satu bab hnya ada 1 part aj, dan trlihat jlas blm ada titik endingnya.
    Hnya sj part pertama emg kecepetan, krn kita nggak bisa byangin ekspresi emma yg diitnggal gengnya dan takutnya dia saat diteror richard dan jerry. Tp nggak masalah asal nnt pemeran utama hrus bner bner terlihat mesra saat endingnya dan kita nggak bisa ngelupain moment kmesraan mrka, aplagi klau moment mrk bisa kencan di restoran steak sprt saat prtama kali mrk brtmu krn wawancara itu.
    Eh kemapa yg ngajari harus lucy? Kan sang pangeran kita sdh lbh jenius, nggak bisa bayangin andai aj julie blajar nya dibimbing richard, pst keren.. itung itung biar mrk akrab dan saling kenal lbh dlam kan…

    Jangan lupa nnt endingnya richard pegang tangannya julie ya… aaaaaaa nggak bisa bayangin mrk Saat itu aplgi saat dimana nnt klau richard ngajarin bhs prancis lg dlam kondisi skrg mrk udh jadian. Senyum snyum sndiri aku bayanginnya hehehehe…

    Aku tnggu kelanjutannya ya… NGGAK SABAR. SEMANGAT…!!

  8. Eh nay, bisa request lg nggk endingnya? Gimana klau nnt richard nanyain julie kebenaran knp wkt mrk bicarain ttg cathy di cafe steak tiba2 julie kebelet trs pengen plg?? Kan wkt itu richard khawatir habis ttg kondisi julie, fan jgn lupa julie harus jujur ya kl sbenernya julie cmburu wkt itu hehehehe…. pst richard lgsg brbunga bunga tuh dnger julie lg cmburu.
    Ah sayang sbenernya kl crita julie ini tinggal 1 part lg. Kayaknya msh bisa bgt dibuat ide ceritanya ini dikembangin dan dibuat lbh kreatif lg. mending nerusin hub julie ricaard dan hub kawan2nya ketimbang buat crt lg ttg kenakalan julie saat di springbutter sklah nya dl. Krn kita sdh nebak sbagian besar crta julie dr novel ini juga dan udh bisa byangin mngenai hukuman mmbuat crt dlm bhs prancis, jawab teka teki bhs prancis smpai brkhr mmbrsihkan toilet, dan bbrp keusilan julie lainnya.

    Mnding diterusin aj hub mrka, atau diangkat ke novel jg seru bisa dijadikan novel seri kan… hehehe….

    Jangan lama lana ya ngelanjutinnya.. semangaat….

  9. Akhirnyaa julie sama richard jadiannn seneng dehhh… kak nayaa di tungggu lanjutan ceritanyaa ya kakk 😀

  10. Aduuuuhhh, pasangan baru yg bikin saya mupeeenggggg (╥_╥)

    bagiannya Julie-Richard disimpan dipart terakhir, emg paling bisaaaaaa ini si Kak Naya u,u
    Ah, itu cerita yg ttg Julie masih SMP dipost di blog juga, Kak??!

  11. halo kak. salam kenal, aku reader baru yang langsung kebut semaleman baca seri ini dari episode awal sampai tiba di titik ini.
    pertama-tama, aku mau minta maaf karena nggak sempet ngasih komentar di part-part sebelumnya. hal itu karena aku pikir, ‘tanggung ah, di akhirin aja’. maka dari itu, komentar aku ini mungkin akan sepanjang total garis pantai indonesia (?)
    secara keseluruhan, seri ini OKE BANGET! aku kebawa baper di saat-saat tertentu, bahkan sampe bete sendiri sama kelakuannya cathy yang sampai sekarang masih bikin aku nggak habis pikir. dan soal siapa-itu-namanya-kakak-kelas-tukang-bully-nyebelin-amat-minta-digorok. dan hubungan julie+richard selalu bikin aku pengen lemparin mereka pake asteroid saking gemesnya. dan soal persahabatan julie dan temen-temennya yang bikin aku terharu karena mendadak keinget temen-temen sekolah. oh-oh, dan ibunya julie yang edan banget resenya, yang sayangnya sifat itu nurun ke anaknya. intinya, seri ini bikin aku ketagihan buat baca episode selanjutnya, lagi dan lagi
    aku menemukan seidikit banget typo, tapi aku abaikan aja karena gaya bahasanya enak banget dibaca
    oke, ini udah kepanjangan
    terakhir deh, makasih kak karena tulisan ini sangat menginspirasi
    terakhir banget, tetap semangat berkarya! 😀

  12. Hai,Ka Naya.Aku org baru ni,hehe…ceritanya KEREENN..kpn di lanjutinn,,lanjutin,donkk..PLEASSEEE…

  13. kakkk ayolahhh lanjutannyaa, temen ku juga pada penasaran , aku sama geng ku suka bngett sama cerita kakakk , bikin novel bagus loh kakk , tapi lanjuttannyaa dong

  14. Tiba tiba keinget ceritanye si julie setelah sekian tahun (lebeh) nunggu part terakhir. Eh ternyata belum update lagi 😢. Yah semangat nulis ya kak. Kita masih selalu nungguin kok gimana so sweet nya pacaran si julie yg sableng ama richard yang wuaa bangett. Pokoknya ditunggu … ditungguuuu sampe kapanpun 🙆 good write kak 🙆🙆

  15. kak nayaaaaa lanjut kak, lanjutkan kak, hayooo lanjutkaaannn….
    kami masih setia menunggu kelanutan dari ceritanya kak.
    kami belum bisa move on dari julie dab richard karena rasanya kaya masih ada yang ngeganjel gitu kak kalo belum baca sampe ceritanya selesai.
    hayolah kaaakkk.
    semangattt. FIGHTING !!!

  16. Kalau sampai sekarang belum ada kelanjutannya, mending nggak usah terlalu dipaksain buat 1 part terakhir. Dibuat aja beberapa part lagi spy cerita akhir bisa mengena dihati pembaca. Sayang kalau cerita udah bagus tapi akhir cerita cuma dibuat 1 part padahal pertanyaan untuk akhir cerita masih banyak bgt dan moment julie dan ricard ini yang paling ditunggu kami smua. jadi tolong dipikirin ya jangan hanya buat 1 part utk mrk. Dibuat 3-4part lg aj utk kebersamaan mrk. Supaya lbh romantis dan memuaskan para pembaca…

  17. Dari 9 Mei 2016 s.d 9 November 2016.
    Sudah 6 Bulan kak nayyy…. 😥 Sudah setengah tahun kami menunggu kelanjutan cerita ini kak.
    Apakah kakak tega melihat kita begitu sangat tersiksa memikirkan kelanjutan julie dan richard setiap harinya selama setengah tahun??? 😥
    Kami mohon kak, lanjutkan kak, semangat semangat semangat. FIGHTING!!!

  18. jangaan tamaat dong serial ini pleaseeee…pelan2 aja ceritanya nyeritain hubungan julie dan richard, ampe mrka menikah hihi..sukaaa bgt soalnyaaa. semangaat naya nulisnyaaaa..

  19. kak nay kapan dilanjut???
    😭😭😭
    aku menunggu 😥😦😧
    nggak sabar baca part akhir july richard.
    omong2 akun wattpadmu msh aktif kah? aku nunggu updateanmu disana tapi gak ada

  20. Ping-balik: Daftar Isi | Naya Corath

Komentar kamu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s