[BLOGTOUR] Buku “19 Jurus Mabuk Penulis Sukstres” + GIVEAWAY (Hadiah Buku Gratis untuk Kalian)

Comments 33 Standar

Hai semua.

Jangan lupa, ikuti kuis yang kuadakan di sini, cukup dengan balas comment dan jawab pertanyaan saja.

Kalian bisa dapat buku ini GRATIS. Ya GRATIS! (BATAS WAKTU SAMPAI: 3 NOVEMBER)

Aku suka yang gratis-gratis!

Ini pertama kalinya aku mengikuti sebuah BLOGTOUR, so don’t be too hard on me yah..?. Ulasanku mungkin tidak akan terlalu bagus, juga tidak sejago teman-teman lain yang sudah sering mengadakan BLOGTOUR di blog mereka, but I’m doing my best. Hal yang tidak bisa kucegah adalah kecenderunganku untuk menulis sesuatu dengan gaya seekspresif mungkin, tapi akan kucoba untuk mengurangi intensitas kelebayannya.

*insya Allah yah..* *nutup muka* xD

11254312_10153306539732872_2035989503207588699_n

Keinginanku yang terbesar sejak membuat blog ini adalah berbagi dengan banyak orang, dan itulah yang akan kulakukan sekarang. Apapun yang akan kubahas, aku ingin memberikan manfaat sebanyak mungkin untuk kalian semua. Dan tentu saja, ini ulasan jujur! 😀

So, let us begin!

 

KESAN PERTAMA

Judul                          : 19 Jurus Mabuk Penulis Sukstres
Penulis                       : Mayoko Aiko, Ceko Spy, dkk.
Editor                         : Monica Anggen dan Eva Sri Rahayu
Penerbit                     : Universal Nikko
Tahun Terbit             : Cetakan I, Agustus 2015
Jumlah Halaman      : 285
ISBN                           :  978-602-9458-21-3

Saat launching buku ini diumumkan di internet, ya ampun.. aku suka banget sama covernya! SUKA B.A.N.G.E.T. Kalau aku ada di lautan buku baru dan disuruh beli salah satu, aku pasti akan langsung tunjuk, “INI! INI! Buku ini harus ada di koleksiku!! Nggak peduli gimana caranya!!”

12165894_10153306539517872_1786737221_n

Ya. Kalau ditanya apa hal yang paling kusuka dari buku ini, jawabannya adalah COVERNYA! Bahkan sejujurnya aku nggak pasang ekspektasi apa-apa terhadap isi buku ini (bagus atau jelek kualitas isinya tidak berpengaruh apa-apa terhadapku)….. yang aku inginkan hanyalah ingin punya buku ini.

Kenapa?

Entah kenapa… Aneh memang. Gambar di cover buku ini begitu menyugesti otakku, seolah-olah aku akan siap bertempur jadi PENULIS MABUK YANG SUPER COOL DAN KEREN ABIS, dan judul bukunya pun tidak kalah menyihir MOOD SIAPAPUN menjadi super bersemangat.

Dan setelah buku itu sampai di tanganku, ternyata benar, kan..? Haha. Perwujudan buku ini saja sudah bikin aku sangat semangat! Ini rasanya seperti mimpi jadi kenyataan!

20151028_083130 (Copy)

Sampai sekarang, kapan pun aku merasa ingin menaikkan mood menulisku (yang selalu empot-empotan itu haha), aku langsung ambil buku ini dari rak dan mengagumi keindahan cover bukunya. Aku akan memperkosa gambarnya yang begitu menggugah itu dengan mata kepalaku sendiri, dan menyentuh permukaan covernya yang sempurna dengan jari-jemariku. Tak lama kemudian, aku akan memainkan lembaran-lembaran halaman bukunya untuk menghirup aroma buku itu, yang membuatku mabuk kepayang.

Aaahh. Seperti di surga.

 

KESAN SETELAH BACA

Berangkat dari zero expetation (berhubung yang bikin aku tergila-gila adalah cover dan judul bukunya), aku cukup puas dengan isi buku ini.

Maksudku, dengan 19 penulis yang memiliki latar belakang berbeda (dan kualitas tulisan berbeda), kita tidak mungkin berharap selera menulis yang sama kan? Kalau aku ingat lagi, sensasi membaca buku ini rasanya sama seperti sensasi saat menggali tanah di sebuah pulau terpencil bekas peninggalan kaum perompak. Deg-degan. Sabar. Penasaran. Antusias. Kecewa. Puas. Penasaran lagi. Kecewa lagi. Senang lagi. Puas. Penasaran. Sabar. Begitu terus berulang-ulang.

Kadang-kadang, aku tidak mendapat apa-apa yang kusukai, hanya rasa lelah setelah membaca.. Tapi hei, justru ketika aku tidak menduga-duganya, J.A.C.K.P.O.T. Sekopku menabrak sebuah peti emas berisi harta karun yang nilainya luar biasa.

Aku kebetulan seorang penulis yang menyukai gaya komedi. Ulasan Ceko Spy tentang “Jurus Rahasia Menulis Komedi” benar-benar helpful untukku. Aku suka gaya menulisnya yang kocak dan penjelasan yang to the point.

Penasaran?

Ini aku kasih bocorannya.

BAGAIMANA CARA MENGAKTIFKAN OTAK SARAP: (di buku isinya lebih detail dan dilengkapi banyak contoh)

  1. JURUS 1 – Kata-kata lucu
    Yang jago bikin pantun pasti terbiasa bikin kata-kata yang bermain dengan rima dan irama. Tapi ingat, yang bikin lucu bukan hanya rimanya, melainkan rangkaian kata atau kalimatnya!
    Contoh:
    Norma adalah seorang sekretaris narsis, lumayan manis, tapi kadang sinis, mungkin cita-citanya emang pengin jadi penulis, tapi malah jadi penulis.
    Meski tak wajib, tapi bagi saya main plesetan hukumnya sunat muakad.
    Contoh:
    “Sedia payung sebelum hujan” jadi “Sedia dayung sebelum banjir”; atau “Ringan sama dijinjing berat sama dipikul” jadi “Ringan sama dijinjing berat sama difficult!”
    Singkat-singkatan mungkin humor tingkat dasar. Tapi cukup ampuh untuk membuat pembaca tersenyum atau tertawa.
    Contoh:
    CURANMOR = Lucu romantis humoris
    PENJAHAT = Penulis pujaan hati
  2. JURUS 2 – Tokoh lucu
    Saya mengklasifikasi ada tiga kategori tokoh yang sering dipakai dalam cerita-cerita komedi.
    Buatlah:
    – Tokoh usil (misalnya seperti Lupus)
    – Tokoh polos (misalnya seperti Spongebob)
    – Tokoh lebay (misalnya seperti Jim Carrey)
  3. JURUS 3 – Cerita lucu
    Ada pembahasan tentang contoh ending yang mengejutkan…
    Ada pembahasan tentang contoh permainan kata atau kalimat jenius…
    Ada pembahasan tentang contoh konflik yang unik…
    Ada pembahasan tentang contoh perilaku absurd/abnormal…

Contoh tulisan lain yang kusukai adalah tulisan milik Pilo Poly yang membahas tentang “Jurus Memilih Tulisan.” Benar-benar to the point dan praktis langsung tepat sasaran. Tips seperti ini sering ditanyakan di kalangan teman-teman sesama penulis.

Berikut ini cuplikan tulisannya (baru cuplikan doang lho..).

JURUS MEMILIH JUDUL TULISAN: (di buku isinya lebih detail dan dilengkapi banyak contoh)

  1. Pilih judul yang punya unsur provokatif.
    Contoh:
    Negeri Para Bedebah
    Harimau! Harimau!
  2. Judul yang menimbulkan tanda tanya besar ketika kita lihat di rak buku.
    Contoh:
    Jangan Main-main dengan Kelaminmu
    Tuhan Izinkan Aku Menjadi Pelacur
    Kaya Tanpa Bekerja
  3. Judul buku sensasional, yang membuat kita ingin memilikinya, terlepas seperti apa bukunya.
    Contoh:
    Supernova
    Surat Kecil untuk Tuhan
    Tuhan Izinkan Aku Menjadi Pelacur
  4. Judul yang memiliki nilai-nilai tersembunyi.
    Contoh:
    Jakarta Undercover
    Libri di Luca
    Orang-orang Proyek
  5. Judul pemberi solusi.
    Contoh:
    Bagaimana Memikat Gadis dan Berkencan Efektif
    Resep Cespeng Berwirausaha
    Agar Menjual Bisa Gampang

Tidak hanya dua tulisan itu saja kok.. Dari 19 penulis buku “19 Jurus Mabuk Penulis Sukstres” ini, banyak juga tulisan lain yang menarik perhatianku. Dan tips-tips lain yang lumayan bermanfaat on the spot, meskipun gaya tulisannya sulit kucerna (karena beda selera tulisan).

Tentu saja.. nggak bakal kutulis semuanya di sini dong, karena kalo kutulis semua nanti isi blognya kepanjangaaan kayak kereta api…….. Beli dan baca sendiri yah hehehe…

*atau kalau kalian mau yang gratis, langsung comment di blogku sesuai petunjuk di bagian paling bawah, supaya kalian bisa menang kuis GIVEAWAY*

 

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN

Hal yang paling kusukai dari buku ini adalah cover. Sudah tahu kan? Hehe. Di samping itu, layout isi dalam buku yang dirancang sangat full ilustrasi latar bisa menjadi pisau bermata dua. Ketika dilakukan dengan baik, sangat menggugah minat baca. Ketika terlalu berlebihan dan gagal mempertimbangkan kontras dengan font tulisan, bisa membuat mata lelah dan malas membaca. Kondisi seperti ini tersebar merata di sepanjang halaman.

Aku sangat suka layout yang seperti ini. Sangat suka.

20151028_083223 (Copy)

On contrary, ada juga halaman-halaman yang gambar latarnya terlalu berlebihan, tabrakan dengan tulisan, sehingga membuatku jadi pengen cepat-cepat skip halaman ini. Terlalu ramai, pusing bacanya.

20151028_083723 (Copy)

Kualitas tinta percetakannya juga tidak terlalu bold. Maksudnya, kurang mantep. Selain itu, hal yang menegangkan dari membuat konsep latar penuh gambar yang dicetak di atas tinta hitam putih adalah… ide awal desain ilustrasi kita bisa jadi sangat outstanding di layar komputer ilustrator, tapi ketika dicetak jadi hitam-putih… jadinya gambarnya hitam semua. Alhasil jadi kelihatan tidak rapi sama sekali.

Ini foto siapa?? Mukanya mana..? 😥

20151028_084047 (Copy)

Berbicara tentang tulisan mana yang kusuka dan tidak kusuka, sebenarnya ini hanya masalah selera dan kebutuhan kita sebagai penulis. Buku “19 Jurus Mabuk Penulis Sukstres” adalah buku yang ditulis dengan tujuan untuk meng-cover semua kebutuhan penulis-penulis dari berbagai genre dan tingkat keahlian. Dengan kata lain, unsur heterogenitas adalah KELEBIHAN sekaligus KEKURANGAN buku ini.

Kelebihannya, kalian pasti akan menemukan minimal satu harta karun tips menulis yang berharga yang belum pernah kalian dengar sebelumnya. Dan tentunya, yang sesuai dengan minat genre tulisan kalian. Minimal SATU. Tapi kurasa pasti kalian akan ketemu banyak. Soalnya, banyak banget ilmu baru dari beragam genre yang berseliweran di sini. Kadang-kadang, yang kita pikir gak ada hubungannya dengan genre kita, ternyata bisa jadi sangat bermanfaat dan menambah skill menulis kita. Apalagi buku ini juga penuh dengan contoh-contoh yang memudahkan.

Kekurangannya, karena saking bervariasinya, tidak semua tulisan sesuai dengan kebutuhan kita. Dan bisa jadi level informasinya berbeda dengan level pengetahuan yang sudah kita miliki. Misalnya, “Jurus Menulis Novel Romance” milik Ari Keling mungkin akan sangat berguna untuk teman-teman yang baru memulai pengetahuan mereka tentang dunia tulis-menulis, tapi untukku pribadi, ulasannya tentang definisi tokoh, setting, dialog, plot, perasaan, judul, pilihan kata-kata, ide cerita, dan ending cerita itu terlalu basic. Benar-benar untuk pemula. Bukan berarti itu hal yang buruk. Hanya saja, ya seperti yang kubilang tadi, tidak sesuai dengan kebutuhanku. Untungnya, tulisan ini diletakkan di bab paling pertama, jadi kurasa masih sesuai sebagai bentuk perkenalan.

Kalian bisa lihat daftar jurus yang disajikan dalam buku ini dan pilih sesuai dengan kebutuhan kalian. Aku pun begitu. Saat mendapat buku ini, aku langsung baca tips yang paling menarik untukku. Setelah selesai, aku lalu membaca tips-tips lain yang bukan bidang minatku, sebagai hiburan di waktu senggang. 😀

DAFTAR JURUS DI BUKU INI:

FIKSI
Jurus Menulis Novel Romance – Ari Keling
Jurus Menulis Teenlit Berisi – Vivie Hardika
Jurus Menulis Horror Mistis – Lonyenk Rap
Jurus Rahasia Menulis Komedi – Ceko Spy
Jurus Dasar Menulis Novel – Cem Acem
Jurus Menulis Fan Fiction yang Sexy – Ocuz Wina
Jurus Menulis Flash Fiction – Ayu Marpaung
Jurus Menulis Puisi Tanpa Teori – Arniyati Shaleh

NONFIKSI
Jurus Menulis Personal Literature – Eva Sri Rahayu
Jurus Menulis Memoar – Astuti Parengkuh
Jurus Menulis Go Blog yang Cerdas – Hadi Kurniawan
Jurus Menulis Nonfiksi yang Dilirik Penerbit – Monica Anggen
Jurus Menggali Ide Menulis Buku Motivasi Diri – Sorayya Usman

TIPS DAN TRIK
Jurus Memilih Judul Tulisan  – Pilo Poly
Jurus Mudah Tembus Media – Zya Verani
Jurus Manis Menang Lomba Menulis  – Richa Miskiyya
Jurus Menghadang Seribu Alasan Gagal Menulis – Arista Devi

BONUS
Jurus Para Leluhur Iklan: Membuat Iklan Televisi – Mayoko Aiko

Buku ini cukup tebal dan isinya padat, apalagi yang sasarannya ditujukan untuk penulis pemula yang ingin tahu lebih banyak seluk-beluk dunia penulisan. Berbekal dari latar belakang penulisan buku ini sendiri yaitu untuk memfasilitasi pertanyaan teman-teman yang ingin menjadi penulis, maka bisa dibilang buku ini RECOMMENDED READ. Apa yang kalian butuhkan? Tips tembus penerbit? Daftar alamat penerbit? Cara memotivasi diri supaya berani menulis dan mengirimkan karya? Tips meningkatkan kualitas tulisan dari berbagai macam genre? Voila! Semua ada. Tinggal beli buku ini, nikmati keindahan cover bukunya, dan siap-siap berselancar di antara 19 jenis pembahasan untuk menemukan jawaban yang kalian cari-cari selama ini.

INI TRAILER BUKUNYA.

 

GIVEAWAY

Aku cuma dikasih jatah 1 BUKU GRATIS, jadi aku akan bikin kuis dan kalian balas jawabannya di kolom komentar ya. Jawaban terbaik akan aku hadiahkan BUKU “19 JURUS MABUK PENULIS SUKSTRES”

Ketentuan kuis:

  1. Harus sudah follow blog Nayacorath.com *
  2. Harus sudah like Fan Page Facebook.com/nayacorath *
  3. Harus sudah follow akun Twitter.com/nayacorath *
  4. Jawab pertanyaan ini di bagian kolom komentar di blog ini.
    “MENURUT KALIAN, MEMANGNYA APA KERENNYA SIH JADI SEORANG PENULIS?”
    Format jawaban:
    Nama
    Nama akun Twitter
    Nama akun Facebook
    Jawaban (boleh sepanjang-panjangnya)
  5. Share alamat artikel blogtour ini ke Facebook dan Twitter kalian. Jangan lupa mention Fan Page Naya Corath dan Twitter @nayacorath dan @UNIVERSALNIKKO hashtag #Giveaway
    Copy paste aja status ini biar gampang:

    Wow! #Giveaway #Buku #Gratis 19 Jurus Mabuk Penulis Sukstres http://wp.me/p8ezI-1dg @NayaCorath @UNIVERSALNIKKO

* baru follow juga gak papa kok

Gampang kan? Hehehe. Giveaway ini hanya aku buka dari tanggal 28 Oktober 2015 – 3 November 2015.

Seminggu aja.

Jadi jangan sampe ketinggalan. Lumayan lho, harga buku aslinya 55 ribu.. hehehe. Pengumuman pemenang tanggal 4 November 2015. Minggu depan, giveaway ini sudah aku tutup. Yuk! Langsung balas di kolom komentar.

Selamat mencoba! 😉

 

Iklan

33 thoughts on “[BLOGTOUR] Buku “19 Jurus Mabuk Penulis Sukstres” + GIVEAWAY (Hadiah Buku Gratis untuk Kalian)

  1. Nama : Annisa Lawahizh Damanik
    Nama twitter : @annisa_dmk
    Nama facebook : Lawahizh Dmk
    Jawaban : kita dapat mewujudkan imajinasi yg ada di pikiran kita , Kita juga bisa mengkritik orang tanpa diketahui misal pake kiasan trus penulis itu terkadang misterius, punya hal – hal aneh, bisa menggerakkan hati orang lain, memotivasi , atau kadang buat orang kesel, nangis, sedih, bisa juga kita mengendalikan hati orang yg lgi baca, ya walau kadang harus berpikir keras, da paling parah jadi kaek orang aneh.. Saking kerasnya berpikir.. Jehehhehe

  2. Nama : Anggi Yunita Triyani
    Nama akun Twitter : @AnggiBulbul
    Nama akun Facebook : anggi yunita triyani

    Buat saya, penulis itu seorang yang berhasil mengekspresikan apa yang ada dikepalanya dengan sudut pandang mereka sendiri. Ketika kita melihat banyak hal, misal apa yang terjadi disekitar kita atau apa yang sedang menjadi trend. kita punya pendapat tentang itu, tapi ga semua kita mau mengungkapkan atau ga semua bisa mengungkapkan. Nah, Raditya Dika misalnya, beliau mampu melihat dengan sudut pandangnya sendiri dan berhasil menuangkannya lewat tulisan2nya yg lucu, dari tulisannya kita bisa “lihat” sudut pandang lain yang mungkin ga kepikiran sama kita.
    Atau seperti Andrea Hirata. Kita pasti punya masa lalu, punya kenangan sama temen2 masa kecil yang pastinya banyak cerita yang sebenernya bisa kita share. Nah, kerennya, Andrea Hirata bisa meramu kisah2 itu sampe jadi best seller bahkan diterjemahin kebeberapa bahasa didunia.

    Penulis juga seorang “penghayal” yang super cool. Misal seperti Sir Arthur Conan Doyl atau penulis2 tentang detektif lainnya. Semua tokoh dan latar belakangnya, alur kejadian yang bisa diterima logika, WOW banget pokoknya.
    Hasil tulisan mereka juga bisa memperlihatkan ke orang2 seperti apa dia, segimana pinternya dia, sehebat apa dia bisa menggiring pembacanya untuk berpikir apa yang sedang dia pikirkan sampe2 nyiptain “konflik” sendiri dikepala para pembacanya. Seperti misalnya Dan Brown. Apa yang dipikirkan prof. Langdon tercipta dari buah pemikiran penulisnya pastinya. Dan itu K.E.R.E.N !!

  3. Jadi penulis itu unik.
    Dia bisa mengekspresikan semua perasaan nya dalam bentuk tulisan, yang mungkn ga semua orang bisa lakuin.
    Bisa menceritakan kehidupan orang-orang sekitar nya yang mungkin menjadi inspirasi untuk orang lain.
    Bisa memandang sesuatu hal dari berbagai sisi, dia pake pandangan orang lain, pandangan dari sisi orang yang mengalami dan pandangan dari sisi penulis itu sendiri.
    Penulis juga pinter. Mereka pandai memilih kata demi kata yang pantes untuk tulisannya.
    Juga mereka punya imajinasi yang tinggi untuk membuat sebuah karya.
    Yang pasti penulis akan super duper keren banget, saat dia bisa membawa si pembaca larut dalam cerita yang dia buad. Jadi ngerasa nya tuh kayak si pembaca yang ngalamin kejadian itu sendiri.
    Dan jadi seorang penulis itu ngebanggain. Karena mereka punya bakat positif yang bisa menginspirasi serta memotivasi orang lain tanpa ada batasan ruang, jarak dan waktu.

    • Terima kasih yaa Melissa sudah berpartisipasi di blog tour ini.
      Cek e-mail. Semoga bonus yang kuberikan bermanfaat yaa ^_^

  4. Nama : Melissa Tobing
    Nama Akun Twitter : @cha_tobing
    Nama Akun Facebook : Melissa Oktriyanti Tobing

    Jadi penulis itu unik.
    Dia bisa mengekspresikan semua perasaannya ke dalam bentuk tulisan yang mungkin ga semua orang bisa lakuin.
    Bisa memceritakan kehidupan orang-orang sekitarnya yang mungkin menjadi inspirasi untuk orang lain.
    Bisa memandang sesuatu hal dari berbagai sisi, dia pake pandangan orang lain, pandangan dari sisi orang yang mengalami, pandangan dari sisi penulis itu sendiri.
    Penulis juga pinter. Mereka pandai memilih kata demi kata yang pantes untuk tulisan nya.
    Juga mereka punya imajinasi yang tinggi untuk membuat sebuah karya.
    Yang pasti penulis akan super duper keren banget, saat dia bisa membawa si pembaca larut dalam cerita yang dia buat. Jadi ngerasanya tuh kayak si pembaca ngalamin kejadian itu sendiri.
    Dan jadi seorang penulis itu ngebanggain. Karena mereka punya bakat positif yang bisa menginspirasi serta memotivasi orang lain tanpa ada batasan ruang, jarak dan waktu.

  5. salam mba, apa kabar. maaf nigh saya mau membahas diluar dr blogtour. sya boleh nda nanya, apa mba pernah jadi sukarelawan untk ngajarin kelas literasi atau kelas sastra di daerah luar jawa. tepatnya makasar. kalau ada teknisnya gimana?.

    thank, sandra.

  6. Nama : Ririn Fitri Astuti
    Nama twitter : @RinChan21
    Nama facebook : Ririn Fitri Astuti

    Pikir deh, ga ada satu kegiatan pun yang lepas dari tulisan. Belajar, bekerja, masak, mencuci bahakan tidur pun kita bisa temukan tulisannya. Siapa yang bertanggung jawab atas itu? tidak lain dan tidak bukan. PENULIS.
    bagi saya menulis itu satu satu nya cara agar tetap waras. lho? iyakan? Otak manusia itu seperti komputer yang katanya kapasitasnya mampu mengingat lebih dari 500 buku. Tapi, namanya komputer kalo dijejali berbagai memori sekaligus bukannya disimpen eh, malah ngeblank. begitupun otak manusia. kalo dipaksa buat inget 500 buku lama lama bisa kena BookPhobia alias takut kalo ngeliat tulisan. hehehe dengan menulis kita bisa menyimpan informasi atau memori dengan lebih baik. Kita bisa menulis berbagai memori yang kita alami sekarang dan saat kita lupa kita bisa membacanya dikemudian hari.
    Dengan menulis saya bisa jadi apa saja yang saya inginkan. Apapun hal yang tidak bisa dilakukan di dunia nyata bisa saya ekspresikan lewat tulisan. tidak peduli apapun kondisi yang saya alami lewat tulisan saya bisa memutar balikkan keadaan saya sesungguhnya. Saya bisa jadi presiden Amerika, Dewan keamanan PBB, chef, reporter, super hero bahkan alien dari Planet Mars. Menulis adalah bebas untuk berimajinasi. saat ga ada temen yang mengerti keadaanmu ungkapkan dirimu lewat tulisn. karean yang n Bisa dibilang ini seperti semacam terapi emosi jiwa.
    Jadi penuis itu banyak pengetahuannya.
    Menulis itu salah satu bentuk komunikasi yang telah mengguncang peradaban manusia. tulisan telah bnyak memberi kita pengetahuan, sejarah, kearifan lokal, budaya, kisah kisah inspiratif, kata kata motivasi, keadaan zaman dulu atau presdiksi kondisi kita dimasa depan bisa diprediksi lewat tulisan. Tak dapat dipungkiri penulis juga telah turut serta dalam membangun peradaban manusia. Mungkin raga mereka uda ga ada lagi di dunia ini. Karya karya mereka telah tercetak abadi sepanjang jaman. keren ga tuh? siapa sih yang ga mau jadi salah satu pengguncang sejarah? nama kita akan dikenang anak, cucu dan orang setelah kita. mau ga?
    yuk terus asah kemampuan menulis mulai dari sekarang.

  7. apa kerennya menjadi penulis?
    setiap individu memiliki pandangan yang berbeda beda. ya ngga?

    penulis adalah setiap orang yang menulis pengalaman, renungan kehidupan untuk memberikan manfaat buat manusia yang lain.

    tulisan bisa bermanfaat bisa mengajak manusia ke jalan selamat bukan jalan sesat.

    ada pula penulis yang menulis buku kebohongan, kesesatan, mistik syirik, porno vulgar, dan tulisan yang tidak bernilai pendidikan tapi bernilai pembodohan moral.

    ada pula penulis yang menulis buku tentang keselamatan (buku yang memotivasi, ada nilai moral tinggi didalamnya untuk mengajak kepada keselamatan)

    ada penulis campuran (antara keselamatan dan kesesatan) penulis mungkin ngga sadar kalau tulisan banyak simpang siur sehingga menimbulkan rentetan masalah umat. jadi pembaca bingung pemahaman mana yang benar yang di tulis oleh penulis yang bersangkutan dalam hal ini?

    susah.

    jadi apa kerennya jadi penulis? kerennya ketika tulisan kita bisa menjadi amal jariyah di akhir hayat seorang anak adam.

    penulis di bagi dua. pembela kebenaran atau kebatilan.

    tidak ada netralis.

    apa lagi?

    anda menanggapi saya tanggapi. insyaallah

    maaf bila ada salah. manusia pasti ada salahnya.

    Nama : Mukhofas Al Fikri
    Twitter : @mukhofasalfikr
    Facebook : Mkf.Khoirudin

  8. Nama : Naning Pratiwi
    Nama akun Twitter : @chelseas_lovers
    Nama akun Facebook : https://www.facebook.com/kelly.smith.92560

    Penulis itu keren. Kerennya itu, imajinasinya oke. Misal waktu galau galau banget,, eh bisa ngasilin cerita yang buat ketawa ketiwi atau malah jadi baper abis.. Hihihi…
    Paling kerennya itu ketika hasil tulisannya bisa menginspirasi atau menghibur pembaca.
    Walah, kan bisa dapat pahala. hihihihh..
    Penulis itu, punya sudut pandang aneh yang hanya dia saja yang tahu. Nggak banyak bicara, tapi otaknya kerjaaaa terus..

  9. Nama : Pieyter Mardi Siallagan
    Nama Akun Twitter : @pieyterm
    Nama akun Facebook : facebook.com/ardhypieyter

    Penulis itu gampang banget. Kita bisa menjadi siapapun yang kita inginkan. Kita bisa membuat cerita hidup kita seindah Kisah Cinderella, seseru Harry Potter, dan lainnya. Jadi penulis juga bisa jadi kerjaan sampingan, atau sudah menjadi passion bagi seseorang. Seorang penulis bisa menghasilkan uang jutaan dari menulis buku, dan bisa tenar seperti radityadika, ketika menulis blog atau menulis buku. Beruntungnya, kalau novelnya keren, bisa ditawarin untuk dijadikan film. Hebat banget!

    Penulis itu dikenang. Karena meski tubuh kita sudah ditelan oleh bumi, namun karya-karya kita akan tetap dikenang sepanjang masa, dan oleh karena karya kita itulah, nama kita selalu diingat. Bayangin aja, kita udah meninggal, terus nama kita terus diagung-agungkan seperti William Shakespeare.

    Dari gue sih itu aja. Gue berharap anak muda Indonesia lebih suka berkarya. Writer is AWESOME

    • Terima kasih yaa Pieyter sudah berpartisipasi di blog tour ini.
      Cek e-mail. Semoga bonus yang kuberikan bermanfaat yaa ^_^

  10. Nama: Bunga Irma
    Nama akun twitter: @hikari_hwang
    Nama akun facebook: https://www.facebook.com/hikarihwang

    Jawaban: Kerennya penulis menurutku itu…
    Penulis itu bisa mengutarakan pemikiran, perasaan, dan ide-idenya lewat kata-kata. Penulis bisa membangun dunia imajinasinya dan menghidupkan tokoh-tokohnya sendiri lewat tulisannya. Bahkan penulis punya kekuatan untuk memaksa para pembaca terhanyut dengan cerita yang dibuatnya.
    Yang pasti, menulis itu ga semudah kedengarannya. Butuh banyak usaha dan latihan untuk mengembangkan ide atau pemikiran menjadi sebuah tulisan yang bisa dinikmati. Selain itu mereka harus bekerja keras untuk membangun konflik yang akan menentukan takdir para tokohnya. Jadi menurutku penulis adalah orang yang cerdas dan punya pandangan unik tentang dunia.

    Dan yang paling keren, penulis bisa menggunakan bakatnya untuk memotivasi dan menginspirasi banyak orang.
    Karna itu karya dan nama mereka akan selalu dikenang oleh para pembacanya ^^

  11. Nama : Ignatia Dwi Tyastuti Lestari
    Twitter : @ideteel
    Facebook : Ignatia Dwi Tyastuti Lestari
    Jawab :

    Menurutku menjadi seorang penulis itu melegakan. Mengapa? Karena para penulis bisa mencurahkan dengan baik apa yang ingin diungkapkan, namun sulit dalam berucap. Bagiku, menulis juga salah satu kesempatan untuk menceritakan segala sesuatu pada dunia. Menulis sama dengan berbagi. Berbagi pengalaman. Berbagi imajinasi. Berbagi perasaan. Berbagi ilmu.
    Aku suka menulis walau mungkin tulisanku tidak ada apa-apanya dibandingkan yang lain. Tapi seperti yang kukatakan di awal, menulis memberikan kelegaan dan kesenangan pribadi bagi yang menulis, mungkin juga yang membaca.
    Selain itu, penulis juga sebuah profesi yang bisa mendunia loh! Keren kan?
    Hihi sekian dan terima kasih 🙂

  12. Nama: Diki Siswanto
    twitter: @diki_twips
    fb: dicky achmady

    Apa sih kerennya jadi seorang penulis?
    Yups, jadi penulis memang keren, mereka bisa jadi terkenal bak artis karena karya mereka. Seorang penulis pun bisa menjadi inspirasi. Yups, INSPIRASI. Karya mereka bisa jadi inspirasi orang lain untuk turut serta menulis dan menghasilkan karya hebat. Jadi penulis Hebat!

    Bukan hanya itu, menjadi seorang penulis berarti juga berbagi ilmu. Ilmu yang bisa memberi dampak positif kepada pembacanya. Pokoknya jadi penulis itu emang keren!

  13. Nama : Nova Indah Putri Lubis
    Twitter : @n0v4ip
    Facebook : Nova Indah Putri Lubis

    Yang keren dari penulis itu, kita bisa membagikan ilmu yang kita dapat pada masyarakat melalui tulisan kita,
    menyalurkan pemikiran2 kita dalam tulisa, dikenal orang banyak dan saat nama kita mejeng disalah satu rak buku di toko buku itu rasanya bahagia luar biasa. Tak perlu membuat ulah apa-apa, cukup ciptakan karya menarik dari tulisan2 kita maka kita akan dikenal dunia. 😀

    Terima Kasih ^^

Komentar kamu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s